Jumat, 29 Mei 2015

tv polytron minimax standby

tv polytron minimax standby

                                          Polytron  Minimax  Standby 




       Siang tadi saya mendapat servisan tv polytron minimax dengan kerusan standby akibat tersambar petir kata yang punya..., Tv ini tidak mau star melalui remot maupun panel tv.Tv ini menggunakan ic hbt 00-xx model tempel dan biasa disebut ic laba-laba..
     langkah pertama saya cek transistor horisontal dan ternyata transistor tersebut dalam keadaan baik,
kemudian saya ukur B+ juga dalam keadaan normal kurang lebih sekitar 45v dalam keadan standby.

       kemudian saya cek ic vertikal la78141 juga masih dalam keadaan baik,dan elco2 pendukung vertikal pun tak luput dari pemeriksaan tapi semua belum mendapatkan hasil... belum putus asa saya pun melepas ic audio dan tuner tapi hasilnya nihil.. saya coba ganti flyback namun tv masih saja tetap standby...wah ternyata ini tv serius juga penyakitnya...

      setelah beberapa jam saya mengamati pcb tersebut dan saya dapati sebuah ic tempel R2S15900 yang saya lihat ada sebuah titik yang tidak wajar pada bodi ic tersebut,dan setelah saya ukur teryata ic tersebut dalam keadaan shot...setelah saya ganti ic tersebut saya coba nyalakan tv nya  dan allhamdulillah tv pun mau star,ternyata ic tersebut berfungsi sebagai pre -amp stereo...



ini adalah bentuk fisik ic R2S15900


     semoga pengalaman saya kali ini dapat sedikit membantu teman-teman seprofesi
saya wasallam...




INI ADALAH ANAK PERTAMA DAN KEDUA SAYA

Aurellia dan sidqi pramada al-ghani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar